Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Efisiensi Kerja

Pengertian efisiensi kerja

Pengertian efisiensi kerja

Apa Itu Efisiensi Kerja? Efisiensi kerja adalah sebuah upaya untuk menemukan cara kerja yang tepat sehingga membuat pekerjaan Anda terasa lebih cepat ringan, namun tetap memberikan hasil yang baik.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan efisiensi?

Arti dari efisiensi adalah ara untuk mencapai suatu tujuan yang optimal (cepat dan tepat) serta sesuai keinginan, dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya yang dimaksud adalah tenaga, uang, dan waktu.

Faktor efisiensi kerja ada berapa?

Variabel yang akan diteliti adalah faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja karyawan yaitu : Kemampuan fisik (X1), Pendidikan dan pelatihan (diklat) (X2), Pengalaman kerja (X3), Kesejahtraan (X4), Syarat kerja (X5), Lingkungan kerja (X6), Waktu jam kerja (X7), Ketaatan (X8), Jadwal pekerjaan (X9),

Kenapa efisiensi itu penting dalam dunia kerja?

Bagi organisasi adanya efisiensi kerja akan menjamin terpeliharanya kelancaran pelaksanaan tugas, sehingga diperoleh hasil yang optimal. Dengan demikian, pegawai dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh kesadaran serta dapat mengembangkan tenaga dan pikirannya semaksimal mungkin demi terwujudnya tujuan yang diharapkan.

Apa tujuan efisiensi?

Tujuan Efisiensi - Menghemat atau juga mengurangi penggunaan sumber daya dalam melakukan aktivitas atau kegiatan. - Memaksimalkan penggunaan segala sumber daya yang dipunya sehingga tidak ada yang terbuang dengan percuma. - Meningkatkan kinerja suatu unit kerja sehingga hasil atau output-nya semakin maksimal.

Apa arti dari efisiensi dan efektivitas?

Efisiensi merupakan Ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber daya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan, sedangkan efektifitas merupakan ukuran sejauh mana suatu kegiatan mencapai tujuannya.

Efisiensi apa saja?

Efisiensi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Efisiensi Berdasarkan Tolak Ukur. Efisiensi berdasarkan tolak ukur adalah suatu perbandingan antara tolak ukur hasil minimum yang telah ditentukan, dengan hasil nyata yang telah dicapai.
  • 2. Efisiensi Berdasarkan Titik Impas. ...
  • 3. Efisiensi Optimal.

Efisiensi ada berapa?

Efisiensi digolongkan menjadi tiga yaitu efisiensi teknis, efisiensi alokatif, dan efisiensi ekonomi. Efisiensi teknis (Technical Efficiency-TE) yaitu kemampuan suatu perusahaan (usahatani) untuk mendapatkan output maksimum dari penggunaan suatu set input (bundle).

Bagaimana efisiensi dapat tercapai?

Adapun syarat tercapainya efisiensi adalah sebagai berikut. 1) Penggunaan manajemen yang tepat. 2) Pembagian kerja yang nyata. 3) Rasionalitas otoritas dan tanggung jawab.

Apa saja faktor efisiensi?

Menurut Prof. Yutta dalam Sedarmayanti, 2001:124 faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja, yaitu : 1. Physical Environment lingkungan kerja. 2. Non Physical Environment suasana kerja. 3. Struktur Organisasi. 4. Prosedur dan Tata Kerja.

Hal apa saja yang mendukung efisiensi dan efektivitas kerja?

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, antara lain:

  • Memahami latar belakang dan arah pekerjaan.
  • Membuat perencanaan pekerjaan. ...
  • Menyusun skala prioritas. ...
  • Mendelegasikan pekerjaan. ...
  • Membangun teamwork. ...
  • Menikmati pekerjaan.

Apa kata lain dari efisiensi?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim kata efisiensi adalah tepat guna, daya guna, kesangkilan, kemampuan, kedayagunaan.

Apa perbedaan efektif dan efisien?

Efektif menitikberatkan pada hasil. Tujuan pekerjaan efektif adalah hasil memuaskan sesuai harapan. Namun, efisien menekankan pada proses. Tujuan pekerjaan akan efisien jika dilakukan dengan menghemat tenaga, biaya, dan waktu demi mencapai hasil maksimal.

Kenapa harus efektif dan efisien?

Tujuan dari efektif adalah untuk mencapai sebuah hasil yang memuaskan, dan sesuai dengan harapan. Berbeda dengan efisien, efisien menekankan pada sebuah proses. Sebuah pekerjaan atau usaha dapat disebut efisien, jika dijalankan dengan menghemat biaya, tenaga dan waktu.

Apa yang dimaksud dengan efisiensi dalam manajemen?

Efesiensi adalah kemampuan untuk mendapatkan hal-hal yang dilkaukan dengan benar/ Seorang manajer yang efisien adalah orang yang mendapat output lebih tinggi, relatif terhadap input (tenaga kerja, bahan, uang, mesin dan waktu).

Langkah langkah efisiensi perusahaan?

Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis di perusahaan:

  1. Menjaga Komunikasi secara Langsung.
  2. Menghindari Multitask Pada Karyawan. ...
  3. Menghindari Rapat Dadakan Karyawan. ...
  4. Membuat Program Manajemen Tugas. ...
  5. Melakukan Digitalisasi pada Bidang Tertentu.

Apa yang dimaksud dengan prinsip efisiensi dan produktivitas kerja?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu, daya produksi dan keproduktifan. Sedangkan, Efisiensi merupakan kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat (dengan tidak membuang waktu, tenaga dan biaya).

Apa itu efektif dan efisien menurut para ahli?

Disebut efektif apabila tercapai tujuan ataupun sasaran seperti yang telah ditentukan. Efektif menurut Peter F. Drucker adalah mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan efisien menurutnya adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar (doing things right).

Apa yang dimaksud dengan efisiensi organisasi?

Jadi, "efisiensi organisasi" dapat dikatakan sebagai jumlah sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa.

Apakah efektivitas dapat diukur?

Pengukuran efektivitas dapat dilakukan dengan melihat hasil kerja yang dicapai oleh suatu organisasi. Efektivitas dapat diukur melalui berhasil tidaknya suatu organisasi mencapai tujuan-tujuannya. Apabila suatu organisasi berhasil mencapai tujuan, maka organisasi tersebut dapat dikatakan telah berjalan dengan efektif.

10 Pengertian efisiensi kerja Images

Panduan Praktis Cara Membuat Tombol Print Custom di Office Excel untuk

Panduan Praktis Cara Membuat Tombol Print Custom di Office Excel untuk

Latihan Bahasa Melayu Tahun 2 Kssr Sjkc

Latihan Bahasa Melayu Tahun 2 Kssr Sjkc

Teori Belajar Dan Pembelajaran By Baharuddin  Esa Nur Wahyuni  Teori

Teori Belajar Dan Pembelajaran By Baharuddin Esa Nur Wahyuni Teori

Pin di Pas foto  Gaya jilbab Wanita Pas foto

Pin di Pas foto Gaya jilbab Wanita Pas foto

Penerapan nilai sila pancasila worksheet  Worksheets for kids

Penerapan nilai sila pancasila worksheet Worksheets for kids

teman kerja ya teman kerja boys love ceritapendek  Cerita pendek

teman kerja ya teman kerja boys love ceritapendek Cerita pendek

Pin on Khaty Kat Aladin

Pin on Khaty Kat Aladin

ben jobs Surat Lamaran Kerja Kreatif  Creative cv template Surat

ben jobs Surat Lamaran Kerja Kreatif Creative cv template Surat

MANAJEMEN OPERASIONAL Pengertian Fungsi Ruang Lingkup  Alfajores

MANAJEMEN OPERASIONAL Pengertian Fungsi Ruang Lingkup Alfajores

Post a Comment for "Pengertian Efisiensi Kerja"